Minggu, 02 Maret 2014

Buat Paper mache / Bubur Kertas Yuk :D

Assalamualaikum...


Dalam post hari ini, saya akan membahas mengenai cara membuat bubur kertas yang tentunya akan menjadi sarana yang baik bagi sahabat dan anak untuk menghabiskan waktu untuk membuat karya dari bubur kertas ini bersama sama. Bubur kertas adalah gumpalan kertas bertekstur bubur yang direndam di air untuk mendapatkan tekstur bubur tersebut. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Paper mache atau bubur kertas ini adalah :


  • Kertas ( Koran atau Kertas Hvs bekas )
  • Air
  • Lem 
  • Cat minyak
Cara Membuat :
  • Taruh kumpulan kertas kedalam sebuah wadah, dan tinggalkan minimal 24 jam agar teksturnya lebih lembek dan terurai.
  • Setelah semua air meresap ke kertas, dan tekstur kertas mulai terasa lembek. Adonan kertas tersebut dapat diambil dan dicampur dengan lem yang telah di sediakan sebelumnya, diwadah berbeda. 
  • Setelah adonan bubur kertas dan lem telah berada di tempat yang sama, waktunya di aduk :D ingat untuk mengaduk aduk adonan dan lem tersebut hingga semuanya rata.
  • Setelah adonan telah teraduk rata, maka adonan tersebut dapat di bentuk sesuai keinginan kita :D
  • Jika bentuk yang dimau sudah selesai dibuat, maka tinggal diwarnai saja :D 
Banyak manfaat yang dapat didapatkan anak dengan membuat bubur kertas ini, mulai dari peningkatan motorik kasar dengan memotong dan mencampur adonan bubur kertasnya, mengaduk adonan bubur kertasnya dengan lem, lalu meningkatkan motorik halusnya dengan membentuk adonan tersebut menjadi mainan atau segala bentuk yang kita mau, belum lagi meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak dengan membiarkannya membentuk apapun yang ia mau. Banyak bentuk yang dapat dibuat dari bubur kertas ini, seperti membuat kostum sendiri atau membuat mainan yang disukainya.

Dibawah ini saya sertakan beberapa photo yang saya minta dari blog teman saya ( dengan izin tentunya ) yang kebetulan seorang Seniman dan sudah biasa membuat karya dari bubur kertas :


Karya Bunga yang dibuat dari bubur kertas.


Bebek dan kodok yang dibuat hanya menggunakan bubur kertas.


Figure Kamen Rider Kugga yang dibuat juga menggunakan bubur kertas :D bagus kan :D


Untuk melihat karya lain dari teman saya bisa dilihat disini :


Sekian dari saya, semoga apa yang ada di post ini bermanfaat bagi sahabat semua :D maaf jika ada salah kata dan ucapan. Terima kasih telah memeperhatikan 


Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar