Selasa, 18 Februari 2014

Bila Anak Kecanduan Video Game , Apa yang Harus dilakukan?

Assalamualaikum...

Dijaman sekarang, pemakaian Playstation, smart phone, komputer, laptop, dan alat elektronik lain merupakan hal yang lumrah dan dianggap biasa dan memang banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kehidupan sehari hari, namun yang ingin saya fokuskan disini adalah pemakaian alat alat elektronik tersebut sebagai sarana untuk bermain video game. Bagi kita yang telah dewasa dan memiliki pemahaman yang baik antara baik dan buruknya bermain video game merupakan hal yang dapat dipahami, baik itu hanya sekedar untuk melepaskan penat atau mengisi waktu luang. Namun bagaimana jika game tersebut dimainkan oleh anak yang belum memiliki pemahaman yang baik dalam hal positif dan negatifnya bermain video game? Waktu yang anak pergunakan untuk bermain game mengalahkan waktu yang harusnya dipakai untuk kegiatan berguna lain? Seperti beribadah, makan, mandi atau kegiatan kegiatan lain yang memang harus dilakukan, pastinya akan merubah manfaat positif dari video game tersebut menjadi negatif. Apa yang harus dilakukan? Bagaimana menyadarkan anak untuk mengerti akan dampak dari bermain video game terlalu lama? itulah yang ingin saya bahas disini.




Beberapa langkah yang bisa kita lakukan saat anak mulai menyalah artikan permainan game dikehidupan sehari hari :
  • Pencegahan
Langkah ini merupakan langkah paling awal yang bisa lakukan saat memperbolehkan anak untuk bermain game, tentunya kita tak mau sang anak merasa selalu dilarang larang, dan anakpun memerlukan waktu untuk bermain, entah itu dengan temannya atau menggunakan permainan video game. Yang bisa dilakukan disini adalah membuat perjanjian terlebih dahulu sebelum anak diperbolehkan bermain. seperti kapan harus bermain, dimana boleh bermain, dengan siapa, berapa jangka waktunya dan konsekuensi yang akan didapatkan jika ia melanggar perjanjian tersebut. contoh " baik, ayah/ bunda mengizinkan kamu bermain game ini, namun kamu hanya boleh memainkannya sampai jam 2, karena itu waktu kita makan siang bersama sama " selalu berikan penjelasan yang baik atas penjatahan waktu tersebut karena kita tak mau anak merasa tidak diperlakukan adil.
  • Peneguran
Teguran dapat dilakukan cara untuk mengurangi atau menghentikan jangka waktu bermain anak yang berlebihan. Contoh : " nak, sudah cukup ya bermainnya, waktunya makan :) " nah jika terguran pertama telah dilakukan dan tak ada respon dari sang anak, langsung saja datangi anak dan menghadapinya face to face dan ucapkan kalimat terguran yang pertama kita bilang dengan nada lembut yang sama, dan jika tidak bergeming juga, berikan konsekuensi pada anak dengan menghentikan sarana bermainnya, seperti mengambil smartphonenya atau menghentikan konsole permainan yang ia gunakan. Perlu diingat, sebelum memperbolehkannya bermain game, buatlah perjanjian terlebih dahulu tentang kapan ia dibolehkan untuk bermain dan jangka waktu ia diperbolehkan untuk bermain, seperti yang telah saya jelaskan diatas.

    • Pembatasan
    Langkah ini merupakan langkah dimana sahabat sebagai orang tua membatasi waktu penggunaan sarana untuk bermain game, seperti laptop, komputer, smartphone atau yang lainnya. contoh : sang anak biasanya bermain game hingga lebih dari 1 jam, maka jangka waktu bermain dapat dikurangi menjadi setengah jam, setelah anak terbiasa akan jangka waktu tersebut, kurangi lagi menjadi 20 menit. lakukan langkah ini sampai jangka waktunya seminim mungkin atau bahkan sampai anak hanya bermain saat dia ingin atau saat dia bosan saja.
    • Pergantian
    Pergantian dilakukan saat permainan yang dimainkan anak merupakan permainan yang berdampak negatif baginya, seperti tembak tembakan, pukul pukulan atau permainan lainnya yang kita rasa merugikan jika dimainkan. tentunya kita tak mau membuat anak merasa tak adil dengan tidak memperbolehkannya main sama sekali, jadi ajaklah anak untuk bermain permainan yang lain, yang tentunya sama serunya dan lebih mendidik atau ayah bunda dapat mengajaknya bermain dengan permainan yang ayah bunda tahu dan lebih bermanfaat. seperti bermain board game, petak umpet, atau permainan ice breaking yang dapat ayah / bunda dan anak dapat mainkan bersama sama.
    • Pengawasan
    Langkah ini merupakan langkah terpenting bagi sahabat untuk selalu mengawasi anak saat bermain game, seperti jenis game yang dimainkan, dampak yang ia dapatkan, atau jangka waktu yang kita berikan adalah hal hal yang harus kita perhatikan untuk mencegah anak mendapatkan dampak negatif dari permainan yang ia mainkan. Ingat untuk selalu mendampingi anak saat ia bermain untuk menjelaskan hal hal yang rancu atau tak anak ketahui.
    • Pengarahan
    Arahkan selalu anak ke arah yang baik, langkah ini kita ambil saat kita rasa sang anak telah menyalah gunakan waktu yang kita berikan untuk ia bermain atau memainkan permainan yang tidak kita bolehkan. 


    Berikutlah langkah langkah yang dapat kita gunakan untuk mengurangi kecanduan anak dalam bermain video game. semoga bermanfaat, maaf jika ada salah kata dan ucapan :) terima kasih telah memperhatikan.



    Wassalam...


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar