Senin, 03 Februari 2014

Label atau Cap

Assalamualaikum  :)

" Label? apa hubungannya label dengan menghandle anak? " Label merupakan kata kata atau cap yang sering atau setidaknya pernah kita berikan kepada anak entah kita melakukannya secara sadar ataupun tidak. Label sangat berpengaruh pada perkembangan mental anak, anak yang terlalu sering mendengar dirinya dilabel jelek atau negatif akan perlahan lahan melabel dirinya sendiri dengan label tersebut. Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah hal tersebut? jawabannya adalah hindari mencibir anak dengan kata kata negatif seperti "Anak Malas", "Anak Bodoh", "Anak Manja", dan sebagainya karena walaupun sang anak awalnya tidak demikian, semakin sering anak di Cap seperti itu maka ia akan berfikir " Untuk apa aku repot repot menunjukkan bahwa aku baik, jika aku telah di Cap seperti itu? " selain itu kepercayaan diri anak akan berkurang dan pastinya akan muncul hal hal negatif lainnya jika anak terlalu sering dilabel atau dicap demikian. Untuk mengurangi dampak ini dan meningkatkan rasa kepercayaan dirinya, yang dapat kita lakukan adalah :

  • Ganti Label Negatif dengan Label Positif. misal, hilangkan label seperti "Anak Malas", "Anak Bodoh", "Anak Manja" menjadi "Anak yang paling Semangat", "Anak Pintar", "Anak Mandiri"
  • Ingatlah bahwa semua usaha anak walaupun sedikit merupakan kemajuan jadi berusahalah bersikap positif dan sering berikan label dan cap positif kepada anak. Misal, saat sang anak sedang mengerjakan tugas, pastikan dia tahu bahwa dia sangat hebat karena telah mau mengerjakan tugas tersebut. Contoh "Anak ayah/bunda hebat sekali mau mengerjakan tugas ini dengan semangat " atau Saat anak terlihat sudah tak mau melanjutkan pekerjaannya, sahabat dapat bilang " bunda/ ayah tahu kamu bisa mengerjakan ini, ayo semangat "
  • Gunakanlah bahasa ibu, Misal : ketika anak berlari lari didalam lingkungan rumah atau meja, cukup ingatkan dia dengan mengatakan " Berjalan saja ya, ibu/ ayah takut kau terluka "
  • Kurangi kalimat perintah seperti " kamu harus ini, kamu harus itu" ganti dengan " kerjakan ini yuk, Selesaikan itu yuk "
" Aku Baik, Aku Pintar, Aku special " adalah label yang saya pakai dan biasakan di lingkungan kelas. "Aku Baik" merupakan simbol bahwa orang sejahat apapun pastinya memiliki sifat baik didalamnya. " Aku Pintar " kita yakin bahwa tidak ada satu anakpun yang bodoh, hanya ada yang tidak mau berusaha lebih, semua anak memiliki kepintaran pada bagian mereka masing masing, ada anak yang pintar dalam hal berhitung namun kurang dalam hal berbahasa dan lain sebagainya. Maka, bukan hak kita untuk melabel anak bodoh atau tidak pintar. " Aku Special " artinya kita percaya bahwa tidak ada satu manusiapun yang sama baik fisik, mental maupun kepribadian, setiap anak bagaikan sidik jari yang tidak ada satupun orang yang dapat menyamai. Sebelum kita membuat anak kita percaya atas label label ini, kita harus percaya terlebih dahulu  tentang arti dari label tersebut.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Perlu diingat bahwa kesempurnaan hanya milik allah semata :)


Wassallam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar