Senin, 03 Februari 2014

Market Day SNC

Hari yang ditunggu tunggu telah tiba, siswa kelas khusus sudah tidak sabar untuk mencoba peruntungannya dengan menjual barang barang mereka yang telah mereka bawa dari rumah, semua begitu sibuk menyiapkan persiapan yang harus mereka lakukan agar semua berjalan lancar. mulai dari atribut, menyusun meja, menyusun barang barang untuk dijual dan menyusun lapak serta harga harga barang. Semua telah tersusun dan yang harus dilakukan adalah tinggal menunggu datangnya para costumer :) semua anak terlihat tak sabar dan bersemangat untuk melakukan kegiatan jual beli, Market Day adalah salah satu kegiatan dari SAMBA untuk mengajarkan anak tentang Jual Beli, meningkatkan kemampuan berinteraksi sesama manusia dan menambah pengetahuan tentang berhitung.
Walau menjadi pengalaman tak terlupakan, bukan berarti tanpa masalah, mulai dari pertengkaran antar siswa karena lapak mereka terlalu dekat, kemudian salah satu anak merasa sedih karena tak banyak yang membeli barang yang dijualnya, semua ini menjadi satu paket pengalaman yang menakjubkan dan tak terlupakan bagi guru maupun sang anak. 
berikut adalah photo photo yang diambil saat kelas khusus mengadakan Market day pertama mereka :


ini adalah bonting yang dibuat sendiri, kertasnya merupakan kertas bufallo yang akan memberikan impresi lebih kuat daripada kertas hvs biasa, setelah selesai membuat templatenya biarkan sang anak mewarnainya sesuai apa yang mereka mau dan mengguntingnya sendiri sesudah itu sediakan benang godam seperlunya gantung kertas kertasnya dan gantunglah di dinding setelah selesai.


Persiapan telah selesai waktunya berfoto ria menjadikan event ini menjadi kenangan yang membahagiakan.


Sang guru Ikhwanpun tak kalah eksisnya dalam hal menciptakan kenangan.


Saatnya seluruh team berfoto bersama :)


Persiapan persiapan yang harus dilakukan sebelum pembukaan Market Day SNC


Hasil papercraft yang telah dibuat sebelumnya dipajang untuk menambah semangat anak membuat papecraft sendiri dari template yang telah kami sediakan disini.


asyiknya suasana anak anak dalam mengadakan Market Day SNC


Antusias Hamid (yang mengancungkan jempol) saat melihat para calon pembeli yang berdatangan.


Para pembeli cilik yang telah siap melakukan kegiatan jual beli dengan membawa uangnya.


Senangnya perasaan kami saat lapak anak anak yang berjualan mulai dipenuhi pengunjung.


Ekspresi anak anak saat melakukan kegiatan jual beli dan melakukan aksi tawar menawar.


Siswa berkumpul menyantap makanan yang dijual di Market Day SNC 


Ricuh dan serunya suasana Kegiatan jual beli yang dilakukan di Market Day SNC


Sudut pandang berbeda yang diambil oleh guru ikhwan (Pak Kris) untuk menggambarkan pandangan dari atas, kegiatan Market Day yang dilakukan oleh kelas khusus.

Nah setelah melihat lihat gambar tersebut dan membayangkan seberapa asyiknya mengadakan kegiatan jual beli ini, perlu diingat bahwa kegiatan ini tidak seharusnya dibatasi hanya dilakukan di sekolah saja, para orang tua tentunya bisa mengadakan Market day sendiri dirumah, tentunya dengan konsep yang berbeda. Sang anak diminta untuk membantu orang tua membuat makanan seperti Bolu, es krim, es lemon, dan sebagainya. Setelah selesai aturlah lapak didepan rumah dan temani anak dengan pertualangannya mendapatkan pengalaman sebagai penjual, pastinya akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan baik buat sahabat dan anak, ingatlah bawa apapun hasilnya tetap berikan semangat dan pujian kepada anak untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

sekian dari saya, semoga bermanfaat :) terima kasih.


Wassallam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar