Senin, 03 Februari 2014

Roleplay Meningkatkan Imajinasi Anak

Assalamualaikum :)
Roleplay merupakan kegiatan dimana kita bisa berpura pura menjadi tokoh yg kita mau, dalam lingkungan kelas roleplay sangat berguna untuk membuat anak semangat dalam hal belajar,dikarenakan dengan roleplay suasana belajar dibuat seperti suasana bermain yang menyenangkan. Roleplaypun dapan membantu kita (guru maupun orangtua) dalam menciptakan suasana edukatif sesuai tema pelajaran yang kita buat, kita ambil contoh saat tema kelas merupakan mengikuti jejak atau tentang arah maka anak anak bisa dibuatkan roleplay menjadi bajak laut lucu yang sedang mencari harta karun, triknya disini adalah sahabat diharuskan kreatif dengan membua template seperti topi, penutup mata, kotak harta karun dan peta harta karun berikut jejek jejak yang harus mereka ikuti. Atau jika temanya tentang pekerjaan maka sahabat dapat membuat topi atau costum berupa macam macam pekerjaan yang ada. selain meningkatkan kreativitas, imajinasi anak akan berkembang, motorik halus merekapun meningkat saat mereka diminta untuk membuat costum mereka sendiri.
Jika ingin lebih menarik dan meriah sahabat bisa ikut ber-roleplay ria bersama anak.


Dibawah ini adalah photo photo dimana siswa kelas khusus diminta untuk menjadi bajak laut sehari dan diminta untuk berkeliling sekolah untuk mencari harta karun yang sudah disembunyikan sebelumnya :)


Anan sedang meragakan pose bajak lautnya


Hamid memberikan pose garang atas interpretasinya akan Bajak Laut.


Ayu berpose seakan menjadi Bajak Laut yang lucu.


Senyum fachri yang menunjukkan antusiasnya melakukan roleplay Bajak Laut

Selain menjadi bajak laut, kita pun dapat membuat banyak variasi topi atau costum untuk menambah banyaknya variasi roleplay yang bisa kita mainkan, dibawah ini saya sertai juga template topi bajak laut dan topi chef gratis untuk sahabat semua.

1. Topi Bajak Laut

2. Topi Chef


Tinggal print, potong, dan sambungkan dengan karet gelang, maka langsung bisa digunakan :)



Sekian dari saya semoga bermanfaat, terima kasih :D


wassallam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar